Beranda NEWS KRIMINAL Janjikan Penggandaan Uang Melalui Gentong, Dukun Palsu Asal Malang Perdayai Warga Trenggalek

Janjikan Penggandaan Uang Melalui Gentong, Dukun Palsu Asal Malang Perdayai Warga Trenggalek

426

TRENGGALEK, bioztv.id – Janjiakan penggandaan uang melalui ritual persembahan tumbal seekor sapi dan media gentong, dukun palsu asal Kabupaten Malang, Jawa Timur perdayai korban asal Trenggalek. Dalam bujuk rayunya, tersangka juga mensyaratkan korban mengikuti ritual di lereng gunung kawi dan di rumah korban.

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan Polisi, diketahui bahwa tersangka penipuan ini adalah Tersangka harianto warga Desa Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen,  Kabupaten Malang. Dalam kasus ini pelaku dan komplotannya menawarkan penggandaan uang kepada korban ,  dengan syarat melakukan ritual di lereng gunung kawi dan di rumahnya sendiri. Selain itu korban juga diminta menyetorkan uang tunai 17 juta rupiah untuk pembelian tumbal sapi.   Selanjutnya pelaku juga menjanjikan bahwa uang hasil penggandaan akan muncul di dalam gentong yang disimpan di rumah korban.

Kapolres Trenggalek, AKBP.Doni Satria Sembiring menyampaikan, Warga Trenggalek yang menjadi korban penipuan ini adalah WJ. Saat korban sudah memenuhi permintaan dukun palsu itu,  ternyata uang yang dijanjikan tidak terwujud .

Sementara itu pelaku penipuan,  Harianto juga menyampaikan, bahwai seluruh uang setoran korban tidak dibelikan sapi untuk ritual,  namun justru dibagi dengan komplotannya. Karena janji penggandaan uang itu hanyalah modus penipuannya.

Saat ini polisi,  masih melakukan pengejaran terhadap dua pelaku lain yang melarikan diri. Sedangkan tersangka harianto sudah ditahan di Polres Trenggalek. Akibat perbuatannya ini pelaku dijerat dengan pasal 372, 378 KUHP,  dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.