Beranda Advetorial Antisipasi Luapan Banjir Sungai Ngemplak Prigi, Mas Ipin Upayakan Normalisasi Tanggul Dua...

Antisipasi Luapan Banjir Sungai Ngemplak Prigi, Mas Ipin Upayakan Normalisasi Tanggul Dua Sisi

267

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi terjadinya langganan luapan banjir sungai Ngemplak. yang ada di Desa Prigi, Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Calon bupati petahana nomor urut 2, Mochamad Nur Arifin segera upayakan normalisasi sungai dan pembuatan tanggul penahan arus sungai yang berkelok.

Mengacu keterangan calon bupati nomor urut 2, dalam kurun waktu setiap beberapa tahun sekali, aliran suangai Ngemplak yang ada di Desa Prigi menjadi sala satu pemicu terjadinya banjir. Pasalnya, kedalaman sungai terus berkurang, sedangkan tanggul penahan arus sungai juga banyak rusak dan laurt, sehingga aliran sugai rawan meluap hingga kaasan perumahan warga.

Calon Bupati Trenggalek nomor urut 2, Mochamad Nur Arifin, atau yang akrab disapa Mas Ipin menyampaikan, Sungai Ngemplak ini merupakan muara dari beberapa sungai. Saat ini kondisinya perlu dilakukan normalisasi dan perlu diberikan penahan arus yang berkelok. Sehingga kondisi sungai menjadi lebih dalam dan aliran sungai tidak lagi mudah meluap ke permukiman warga.

Mas Ipin juga menjelaskna, dalam kurun waktu beebrapa waktu terakhir pemerintah daerah sudah melakukan bronongisasi di Sungai Ngemplak ini, namun karena derasnya aliran sungai, tenggul penahan yang hanya di pasang satu sisi justru larut dan sungai menjadi dangkal. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, selain akan dilakukan normalisasi, encananya juga akan dilakukan bronjongisasi tanggul sungai pada dua sisi. Sehingga tanggul menjadi lebih kuat dan mampu menampung derasnya aliran sungai.