Unjuk Kebolehan, Nelayan di Trenggalek Adu Kecepatan Balap Perahu: Ombak Tinggi Jadi Tantangan

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Unjuk kebolehan dan keahlian, sejumlah Nelayan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, adu kecepatan balap perahu kunting. Perlombaan ini diselenggarakan di Pantai Cengkrong, Kecamatan Watulimo. Perlombaan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menyaksikan aksi menegangkan para nelayan melaju kencang takhlukkan ombak.

Panitia Lomba Balap Perahu Kunting, Dwi Ispah Dianto, menjelaskan bahwa perahu yang digunakan dalam perlombaan ini adalah perahu kunting tradisional yang biasa digunakan para nelayan untuk mencari ikan.

“Awalnya yang konfirmasi ikut lomba ada 26 peserta, tapi ada yang mengundurkan diri karena mesin perahu tidak siap. Sehingga jumlah peserta berkurnag menjadi skitar 23” ujar Dwi

Untuk mengikuti lomba, perahu harus memiliki spesifikasi mesin maksimal 6 PK dan model kunting, serta wajib menggunakan jaket pelampung untuk keselamatan peserta. Sedangkan untuk sirkuit melingkar dengan dua kali putaran di Pantai Cengkrong

“Tujuan utama lomba ini adalah untuk memeriahkan acara dan menunjukkan unjuk kebolehan para nelayan dalam mengendalikan perahu kunting,” imbuh Dwi.

Yulianto, salah satu peserta lomba, mengaku telah mempersiapkan diri selama satu bulan sebelum perlombaan. Ia mengatakan bahwa tantangan terbesar dalam lomba ini adalah ombak yang cukup tinggi.

“Ombak yang tinggi membuat perahu menjadi tidak stabil dan sulit dikendalikan. Kita harus benar-benar fokus dan menjaga keseimbangan perahu agar tidak terguling,” jelas Yulianto.

Meskipun perlombaan ini cukup menantang, Yulianto dan para peserta lainnya tetap antusias dan bersemangat untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Bagi mereka, lomba ini bukan hanya tentang meraih kemenangan, tetapi juga tentang melestarikan tradisi dan budaya masyarakat pesisir di Trenggalek.

“Kalau latihan itu sudah hari-hari, karena sering melaut dan jadinya nggak sulit,” imbuh Yulianto

Semangat para nelayan Trenggalek dalam menjaga tradisi dan budaya maritim patut diacungi jempol. Lomba balap perahu kunting ini menjadi bukti nyata bahwa di balik ombak yang ganas, tersimpan kekuatan dan ketangguhan para nelayan yang tak kenal lelah. Disisi lain, lomba balap perahu kunting di Pantai Cengkrong ini menjadi salah satu daya tarik wisata bahari di Trenggalek.(CIA)