Beranda Travel “Keren”, Pemuda Trenggalek Ini Ciptakan Karya Seni Lukisan Bakar (Pirografi) Diatas Limbah...

“Keren”, Pemuda Trenggalek Ini Ciptakan Karya Seni Lukisan Bakar (Pirografi) Diatas Limbah Kayu

965
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Semangat hari pahlawan bergelora pada jiwa pemuda kreatif asal trenggalek jawa timur, Semangat hari pahlawan ia ungkapkan melalui kaya seni lukis bakar. Dengan memanfaatkan media kayu pinus yang dilukis dengan cara di bakar menggunakan alat khusus, pemuda asal Desa Sugihan kecamatan kampak kabupaten Trenggalek Jawa Timur ini, mampu menghasilkan berbagai karya seni yang indah, termasuk lukisan tokoh pahlawan nasional.

Ahmad Toyibin Pemuda Kreatif berusia 25 tahun asal desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek, memiliki cara tersendiri dalam mengekspresikan ide ide kreatifnya, yakni dengan menuangkan ide ide kreatif melalui lukisan bakar atau Pyrografi, Pirografi atau Lukisan Bakar merupakan proses menulis ataupun melukis diatas kayu dengan menggunakan alat pembakar khusus sejenis solder electronik. Melukis dengan metode pirografi diatas kayu, mampu menghasilkan karya seni yang sangat indah dengan efek monocrome.

Bermodalkan hobi dan keahliannya melukis diatas kertas, Ahmad Toyibin mengembangkan keahliannya untuk melukis diatas kayu dengan metode lukis bakar atau pirografi. Berawal dari hobi dan belajar secara otodidak, pemuda asal kampak ini akhirnya mampu menghasilkan karya seni lukis pirografi yang diaplikasikan dalam berbagai bentuk kerajinan, hingga menghasilkan pundi pundi rupiah dalam setiap bulannya.

Untuk membuat lukisan pirografi ini bahan yang dibutuhkan cukup simple yaitu papan kayu, alat penghalus, alat pemotong, dan alat pembakar sejenis solder. Untuk memulai membuat lukisan Pirografi ini pertama kali menyiapkan mgambar yang akan di lukis, selain itu Kayu yang akan di lukis juga harus di haluskan terlebih dahulu. Tahapan selanjutnya yakni menggambar sketsa lukisan diatas kayu menggunakan pensil,  setelah sketsa tergambar, proses berikutnya yaitu melukis menggunakan alat bakar mengikuti sketsa yang telah di bentuk sebelumnya hingga selesai, Sedangkan untuk proses finishing dilakukan pengkilatan dengan menyemprotkan clear, agar lukisan terlihat lebih indah dan hidup.

Untuk pemasaran hasil karyanya, selama ini ahmad toyibin memanfaatkan media social sebagai sarana promosi. Dengan cara tersebut pesanan berbagai jenis lukisan terus berdatangan dalam setiap harinya. Untuk harga dari karya yang dihasilkannya, ahmad totibin hanya membandrol harga antara dua ratus ribuan dari setiap unit lukisannya, Namun semuanya tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan dalam pengerjaannya. https://youtu.be/JSKS8CXY6wE