Beranda Tourism Referensi Wisata Alam Surganya Ikan “Telaga Ngudalan” Kampak, Trenggalek

Referensi Wisata Alam Surganya Ikan “Telaga Ngudalan” Kampak, Trenggalek

1437
BERBAGI

TRENGGALEK – bioz.tv – Satu lagi referensi wisata alam di kecamatan kampak kabupaten trenggalek jawa timur, yang menawarkan keindahan telaga alami, dengan air yang jernih dan di penuhi berbagai jenis ikan air tawar maupun ikan hias yang indah.  Terlebih pepohonan di sekitarnya yang masih hijau, membuat udara di kawasan telaga ini sejuk dan nyaman untuk melepas penatnya udara perkotaan.

Telaga yang menawarkan keindahan alam, dengan kondisi sekitar yang masih alami ini adalah telaga Ngudalan yang terletak di desa karangrejo kecamatan kampak kabupaten Trenggalek. Telaga Ngudalan, Merupakan salah satu telaga  yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Di telaga ngudalan ini hidup berbagai jenis ikan yang terus berkembang biak dari tahun ke tahun, di perkirakan ribuan ikan telah hidup di kawasan ini sejak ratusan tahun lalu. Kelompok Ikan yang hidup di telaga ini merupakan kelompok ikan yang hidup bebas tanpa khawatir perburuan manusia, pasalnya, warga sekitar turut menjaga kelestarian ikan di telaga ngudalan ini. Warga setempat juga melarang keras bagi pengunjung yang akan mengambil ikan disini, Sehingga kelestarian ikan di telaga ngudalan ini tetap terjaga.

Gerombolan ikan ikan yang hidup di telaga ngudalan ini merupakan salah satu icon di kawasan ini yang menjadi rujukan utama pengunjung, Disini pengunjung bisa melihat gerombolan ikan yang berbaris baris dan tidak takut dengan manusia, Disini pengunjung juga bisa menikmati semilirnya angina spoi spoi sambil memberi makan ikan yang ada di telaga ngudalan ini.

Selain adanya gerombolan berbagai jenis ikan,  di tengah tengah telaga ngudalan ini juga tumbuh pohon raksasa yang mengambang, Pohon besar ini merupakan jenis pohon langka yang sudah tumbuh sejak ratusan tahun silam, yang unik dari pohon ini adalah, meski tumbuh di tengah telaga dengan kondisi air menggenang dan dasar telaga yang berupa tanah lembek, namun pohon ini tetap berdiri kokoh dan tidak tumbang.

Untuk bisa sampai di Telaga Ngudalan ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, Apabila dari Kota trenggalek, pengunjung  harus menuju ke kecamatan kampak dan menuju ke Desa Karang rejo dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Saat ini telaga Ngudalan masih terbuka untuk umum tanpa ada tiket masuk, Karena Pemerintah Desa Setempat belum mengelola kawasan ini sebagai obyek wisata.  Jadi untuk berkunjung ke telaga ngudalan ini tidak perlu menunggu tanggal muda, atau menungu dompet tebal, Meski tanggal tua dengan kondisi keuangan yang pas pasan, Tentunya masih bisa berwisata dengan menikmati keindahan alam Telaga NGudalan.

https://youtu.be/DTpro-6rbAs