Beranda NEWS MOMENT Tradisi Lebaran Ketupat Trenggalek Dimata Wisatawan Luar Kota

Tradisi Lebaran Ketupat Trenggalek Dimata Wisatawan Luar Kota

375
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Tradisi lebaran ketupat yang merupakan warisan budaya, dan sudah dilaksanakan sejak ratusan tahun lalu di kabupaten Trenggalek,  Menjadi daya tarik tersendiri bagi warga luar kota untuk berkunjung di Trenggalek. Terlebih kemeriahan lebaran ketupat di Trenggalek ini dari tahun ke tahun terus berevolusi dan semakin asik untuk dikunjungi.

Sejak beberapa tahun terakhir tradisi perayaan ketupat di kabupaten Trenggalek ini semakin dilirik oleh warga luar kota, Tradisi khas wisata religi yang di balut warisan budaya ini, membuat warga luar kota juga tak mau ketinggalan untuk bisa menyaksikan kemeriahannya. Terlebih adanya suguhan kuliner gratis khas lebaran, yaitu makan ketupat gratis sepuasnya, yang bisa menjadikan ajang silaturohmi di Trenggalek menjadi lebih berwarna.

Salah satu pengunjung asal kota reog ponorogo, Budi menjelaskan, Dirinya merasa senang bisa menyaksikan langsung perayaan lebaran ketupat di Trenggalek ini, Pasalnya, Selain bisa berkunjung ke rumah teman, sanak saudara, maupaun ke rumah warga setempat dengan disuguhi ketupat gratis, Dirinya juga bisa menikmati berbagai suguhan hiburan, baik berupa pentas seni maupun pawai taaruf.

Kemriahan Tradisi lebaran ketupat di Trenggalek, yang menghadirkan berbagai hiburan maupun kuliner gratis  ini merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh warga dengan cara swadaya dan gotong royong. Meski awalnya hanya ada di kecamatan durenan, namun saat ini sudah menyebar di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Trenggalek, dan rutin di gelar setiap H+8 hari raya idul fitri.