Beranda NEWS MOMENT M Nur Arifin Targetkan Tahun Depan Event Festival Ketupat Di Trenggalek Pecahkan...

M Nur Arifin Targetkan Tahun Depan Event Festival Ketupat Di Trenggalek Pecahkan Rekor Muri

636
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin targetkan tahun 2020 mendatang perayaan lebaran ketupat di Kabupaten Trenggalek bisa pecahkan rekor muri. Rencananya Perayaan lebaran ketupat tersebut akan dikemas dalam festival Ketupat dengan jumlah sajian ketupat terbanyak.

Lebaran ketupat atau yang biasa disebut dengan Kupatan ini sudah dilakukan oleh warga Trenggalek, Khusunya yang ada di Daerah Kecamatan Durenan sejak puluhan tahun silam, meski perkembangan zaman terus berubah, namun tradisi ini tetap lestari dan selalu digelar pada H+8 hari raya Idul Fitri.  Bahkan dari tahun ke tahun perayaannya semakin meriah dan justru menyebar ke beberapa daerah lain di Trenggalek.

Menanggapi tradisi lebaran ketupat ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin Juga menjelaskan, tradisi kupatan di durenan ini merupakan tradisi yang secara turun temurun tetap dilestarikan dan tidak pernah luntur oleh hingar bingar perkembangan zaman,  meski tanpa disuguhi dengan aneka hiburan maupun pertunjukan, namun tradisi ini selalu rutin digelar. Kedepannya, pihaknya berharap agar tradisi lebaran ketupat ini bisa dikemas dalam sebuah festival yang bisa memecahkan rekor muri.

Pada Perayaan lebaran ketupat ini, warga dari berbagai daerah berbondong bondong saling berkunjung ke rumah sanak-saudara serta tetangga untuk bersilaturrahmi dan saling bermaaf-maafan,  Masing masing rumah yang menggelera open house pada lebaran ketupat ini juga menyediakan hidangan khas, berupa ketupat gratis lengkap dengan aneka sayur dan lauk-pauknya.