Beranda Business Barang Mulai Langka, Harga Bawang Putih Di Trenggalek Naik Hingga 300%

Barang Mulai Langka, Harga Bawang Putih Di Trenggalek Naik Hingga 300%

395
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Barang mulai langka, harga bawang putih di pasar traditional Kabupaten Trenggalek mulai melonjak tajam, sedangkan harga bawang merah justru anjlok hingga 50%. Kenaikan harga bawang putih ini sudah terjadi sejak sekitar seminggu menjelang bulan suci ramadhan tahun 2019 ini.

Berdasarakan keterangan sejumlah pedagang di Pasar basah Kabupaten Trenggalek, sejak sekitar seminggu menjelang bulan puasa ini harga bawang putih mulai melonjak tajam, kenaikan harga tersebut menjacapai  tiga kali lipat dari harga pada hari hari biasa.

Salah satu pedagang, Siti menerangkan, pada hari hari biasa harga bawang putih di Trenggalek sekitar 16.000 sampai 20.000 rupiah perkilogram-nya, saat ini harganya naik hingga 60.000 rupiah perkilogram. Sementara itu untuk kondisi barangnya saat ini mulai langka dan kondisinya banyak yang rusak.

Siti juga menambahkan, meski bawang putih mengalami lonjakan harga, namun untuk harga bawang merah justru mengalami penurunan. Bawang merah yang sebelumnya mencapai 40.000 per kilogramnya, saat ini turun harga menjadi sekitar 20.000 hingga 25.000 rupiah per kilogramnya.