Home NEWS MOMENT DPRD Trenggalek, Rehabilitasi Sungai Tercemar Harus Segera Dilakukan Pasca Relokasi Pembuatan IPAL

DPRD Trenggalek, Rehabilitasi Sungai Tercemar Harus Segera Dilakukan Pasca Relokasi Pembuatan IPAL

87
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasca lakukan audiensi dengan aliansi Masyarakat dan OPD terkait, DPRD Trenggalek meminta agar  rehabilitasi sungai di Kawasan Watulimo yang tercemar limbah pemindangan segera dilakukan. Setidaknya setelah proses pembuatan IPAL dan relokasi pelaku usaha pemindangan selesai.

Kondisi sungai yang melintas di kawasan pemindangan yang ada di Kecamatan Watulimo memang sangat memprihatinkan. Saat ini kondisi air di sungai tersbeut berubah warna menjadi hitam pekat dan bau.  Akibatnya, ekosistem menjadi rusak dan berdampak buruk bagi masyarakat. Bahkan sumur sumur warga juga turut tercemar. Untuk mengembalikan ekosistem yang ada sungai tersebut harus segera dilakukan rehabilitasi.

Salah satu anggota DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, Terkait rehabilitasi sungai yang tercemar tersbeut, pihaknya menekankan agar setelah proses relokasi pelaku pemindangan dan pembuatan IPAL selesai, segera dilakukan dilakukan rehabilitasi sungai. Sehingga limbah yang mencemari sungai tersebut bisa hilang, dan ekosistemnya bisa kembali seimbang.

Sebelumnya diketahui bahwa, mengacu hasil audiensi antara aliansi mayarakat dan OPD terkait.  Diketahui bahwa ada dua solusi terkait permasalahn limbah pemindangan di Kecamatn Watulimi. Solusi pertama yaitu pelaku usaha harus mau di relokasi ke sentra pemindangan yang ada di Bengkorok. Sedangkan solusi kedua adalah, pelaku usaha pemindangan harus mau membuat Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) secara mandiri ditempat usahanya.