Home NEWS MOMENT Pembangunan Kantor Kesbangpol Di Lahan Kemenkumham Dinilai Akibat Kelalaian Bagian Aset

Pembangunan Kantor Kesbangpol Di Lahan Kemenkumham Dinilai Akibat Kelalaian Bagian Aset

399
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Anggota DPRD Trenggalek menilai bahwa, pembangunan gedung baru untuk kantor kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol), yang dibangun diatas lahan milik kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham) RI, merupakan akibat dari kelalaian badan keuangan dan asset daerah (Bakeuda).

Menurut keterangan anggota DPRD Trenggalek, yang sekaligus sebagai ketua Komisi 1, Jika pemerintah daerah berani mendirikan bangunan di suatu tempat seharusnya sudah tidak ada permasalahan terkait kepemilikan aset lahannya.  Namun jika lokasi tersebut statusnya masih milik Kemenkumham RI, harus dipertanyakan kenapa bagian asset menyetujuinya.

Salah satu anggota DPRD Trenggalek, Mohamad Husni Tahir Hamid menyampaikan, Pelaksanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah seharusnya tidak dilakukan dilahan milik orang lain, namun dilaksanakan dilahan yang statusnya milik pemerintah daerah. Jika tidak, harus ada persetujuan antar kedua belah pihak. Jika hal tersebut terjadi berarti itu merupakan kelalaian dari bagian asset.

Perlu diketahui bahwa, Mengacu keterangan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (Bakeuda) Trenggalek, sampai saat ini memang belum ada serah terima lahan dari kemenkumham ke Pemkab Trenggalek terkait lahan bangunan kesbangpol tersebut. Meski sebelumnya lahan tersebut rencananya akan dilakukan tukar menukar barang antara kemenkumham ke Pemkab Trenggalek, namun hingga saat ini prosesnya belum selesai.