Home NEWS MOMENT Di Trenggalek, Tiap Tahun Jumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Terus Bertambah

Di Trenggalek, Tiap Tahun Jumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Terus Bertambah

194
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Jumlah organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Trenggalek dalam setiap tahunnya terus bertambah. Hingga akhir tahun 2019 ini jumlahnya mencapai lebih dari 100 ormas yang terdaftar. Sementara itu beberapa ormas lama juga ada yang sudah aktif lagi dan tidak memperbaruhi datanya di kesbangpol.

Menurut keterangan kepala kantor kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) Kabupaten Trenggalek, dalam setiap tahunnya selalau ada ormas baru yang mendaftarkan lembaganya di kantor kesbangpol. Ormas tersebut terdiri dari berbagai jenis, mulai dari ormas yang bergerak dalam bidang keagamaan, sosial, ekonomi dan bisnis, hingga ormas yang bergerak dalam bidang pemantauan pelaksanaan pemerintahan.

Lebih lanjut kepala Kesbangpol Trenggalek, Widarsono menyampaikan, untuk jumlah ormas hingga tahun 2019 ini ada sekitar 115 lembaga. Ormas ormas tersebut pengajuan ijinnya langsung ke pusat, yaitu ke Kementerian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham), sehingga saat ini Kesbangpol juga tidak lagi memberikan surat keterangan ketetapan (SKT) terhadap ormas. Sedangkan pendaftaran mereka ke kantor kesbangpol hanyalah sebatas pemberitahuan keberadaan lembaga mereka di Trenggalek, dengan menunjukkan sejumlah data data yang ada.

Widarsono juga menambahkan, selain mendata ormas ormas yang ada di Trenggalek, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap kinerja ormas ormas tersebut. Jika terbukti ada ormas yang melanggar peraturan pihakya juga akan melaporkannya langsung ke Kemenkumham.