Home Business Berkat Batik Shibori, Emak Emak Napi Rutan Trenggalek Bisa Hasilkan Pundi Pundi...

Berkat Batik Shibori, Emak Emak Napi Rutan Trenggalek Bisa Hasilkan Pundi Pundi Rupiah

318
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Berkat kreatifitasnya membuat batik shibori, sejumlah narapidana (Napi) perempuan di rumah tahanan (Rutan) kelas 2B Trenggalek akhirnya bisa mempunyai penghasilan sendiri. Selain bisa untuk mencukupi kebutuhannya didalam rutan, mereka juga bisa kirim uang untuk keluarganya di rumah.

Sedikitnya ada enam warga binaan perempuan yang aktif membuat batik shibori, meski mereka harus menjalani hukumannya didalam rutan, namun mereka terbukti mampu berpenghasilan sendiri, melalui batik shibori. Pembuatan batik di dalam rutan ini sudah dilakukannya sejak 4 bulan terakhir, hal ini juga tidak lepas dari peran pihak rutan yang turut membina sejak proses produksi, hingga membantu proses pemasarannya.

Salah satu warga binaan pembuat batik Shibori, Hartini menyampaikan, dari hasil membuat batik di rutan ini, dirinya sudah mendapat penghasilan sekitar 1,5 juta rupiah. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhannya di rutan, dan sebagian juga dikirim pulang untuk kebutuhan orang rumah.

Sementara itu pendamping para warga binaan rutan kelas 2B Trenggalek, Dewi Nindya Sari menerangkan, awalnya pembuatan batik shibori ini hanya sekedar coba coba untuk mengasah keterampilan warga binaan saja, namun seiring berjalannya waktu karya yang dihasilkan warga binaan ini justru diminati oleh berbagai kalangan.

Batik shibori karya warga binaan rutan kelas 2B Trenggalek ini dijual dengan harga yang kurang lebih sama dengan harga pasaran.  Batik shibori pewarna alam dihargai dengan 100.000 rupiah per lembarnya, sedangkan batik shibori dengan pewarna sintetis dipatok dengan harga 80.000 rupiah per lembarnya.