Home NEWS MOMENT Menjelang Musim Hujan, Warga Tugu Trenggalek Latihan Hadapi Bencana Banjir & Longsor

Menjelang Musim Hujan, Warga Tugu Trenggalek Latihan Hadapi Bencana Banjir & Longsor

236
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Memasuki musim pancaroba untuk mengantisipasi bahaya bencana banjir dan tanah longsor, sejumlah warga di Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek berlatih menghadapi bencana melalui simulasi langsung di lapangan. selain itu, warga juga memasang rambu rambu jalur evakuasi saat terjadi bencana.

Simulasi penanganan bencana banjir dan tanah longsor ini  dilakukan oleh warga Desa Nglinggis dan Duren Kecamatan Tugu, dan dipandu langsung oleh badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Trenggalek. kegiatan itu merupakan sebagai wujud kesiapsiagaan desa tangguh bencana (Destana).

Menanggapi kegiatan ini, Kepala seksi kedaruratan BPBD Trenggalek,  Edi Purwanto menernagkan,  destana tahun ini fokus pada penanggulangan bencana longsor didaerah yang rawan terjadi bencana longsor, selain menyasar masyarakat,  kegiatan serupa juga dilakukan di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Treggalek.

Sementara itu warga yang mengikuti simulasi ini, Sutrisno, juga menyampaikan,  simulasi ini dirasa sangat bermanfaat untuk menangani korban bencana longsor dan banjir, terlebih bencana tersebut hampir setiap tahun terjadi didaerahnya.

Kepala seksi kedaruratan BPBD Trenggalek juga menjelaskan, bahwa Fokus simulasi penanganan banjir kali ini dilakukan di Kecamatan Gandusari, sedangkan focus simulasi penanganan bencana longsor ada di Kecamatan Tugu. FOkus simulasi tersebut disesuaikan dengan potensi bencana yang terjadi di masing masing daerah.