Home NEWS MOMENT Musim Pancaroba, Hutan & Lahan Warga Di Trenggalek Kembali Terbakar

Musim Pancaroba, Hutan & Lahan Warga Di Trenggalek Kembali Terbakar

224
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Hutan dan lahan yang ada di seputaran kota Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur kembali terbakar, Sedikitnya ada sekitar 1,5 Hektar lahan milik warga hangus akibat kebakaran ini. Banyaknya daun kering membuat api mudah menyebar. Proses pemadamanpun juga dilakukan dengan peralatan seadanya.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini terjadi di gunung bendil,  Dusun Ndosari, Kelurahan Surodakan, Kecamatan Trenggalek pada 23 Nopember kemarin. diperkirakan api melalap tanah miik warga hingga 1,5 hektar. Pada kebakaran kali ini diduga terdapat lima titik api. titik-titik itu tersebar dibeberapa lokasi, salah satunya di sebelah barat makam bendil. Sedangkan titik besar pertama, berada di belakang kantor Satpol PP dan Dishub. untuk memadamkan api di titik utama, sekitar 25 personil diterjunkan dilokasi tersebut.

Babinsa Kelurahan Surodakan Sertu Bagus mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 wib. kabar tersebut bermula dari salah satu petugas Satpol PP yang mengetahui ada kobaran api di gunung bendil. Proses pemadaman juga dilakukan menggunakan alat-alat seadanya, seperti dahan dan ranting. karakter api bervariasi ada yang besar dan kecil, medan yang  lerengnya terlalu tajam membuat mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk hutan.

Sertu Bagus juga menambahkan, hingga kini  belum dapat dilaporkan secara pasti kerugian materiil akibat kebakaran tersebut. Karena hingga sore hari tim gabungan masih berada di TKP untuk memadamkan api. sedangkan jarak titik api dengan pemukiman warga sekitar 100 meter.