Home NEWS MOMENT Direktur RSUD Dr Soedomo, Permenkes Baru Tidak Mempengaruhi Pelayanan Hemodialisis

Direktur RSUD Dr Soedomo, Permenkes Baru Tidak Mempengaruhi Pelayanan Hemodialisis

227
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Diretur baru RSUD Dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek menilai peraturan menteri kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tidak akan mempengaruhi layanan cuci darah atau hemodialisis di RSUD Dr.Soedomo. Pasalnya, keberadaan Permenkes baru tersebut dinilai tidak mencabut permenkes sebelumnya.

Mengacu peraturan menteri kesehatan Nomor 30 Tahun 2019, Rumah Sakit yang diperbolehkan melayani cuci darah atau hemodialisis adalah rumah sakit yang sudah tipe A atau B, sedangkan RSUD Dr.Soedomo Trenggalek masih masuk tipe C. Hal ini sempat membuat sejumlah pasien cuci darah merasa resah, karena terancam tidak bisa lagi berobat di Trenggalek dan harus berobat ke luar kota.

Menanggapi hal ini, direktur baru RSUD Dr.Soedomo Trenggalek, dr.Sunarto menyampaikan, bahwa permenkes baru tersebut bukan berarti mencabut permenkes sebelumnya. Sehingga meski RSUD Dr.Soedomo masih tipe c, maka tetap bisa melakukan layanan cuci darah atau hemodialisis.

Mengingat permenkes baru tersebut tidak mencabut permenkes sebelumnya, direktur RSUD berharap agar sejumlah pasien cuci darah tidak lagi khawatir terhadap proses pelayanan hemodialisis di RSUD Dr.Soedomo. Pasalnya, mereka tetap bisa mendapatkan layanan tersebut tanpa harus pergi ke rumah sakit yang ada di luar kota.