Home NEWS MOMENT Antisipasi Banjir, Warga Trenggalek & Tim Gabungan Kembali Sisir Sampah Di Jembatan

Antisipasi Banjir, Warga Trenggalek & Tim Gabungan Kembali Sisir Sampah Di Jembatan

247
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi luapan banjir saat musim penghujan, sejumlah warga Trenggalek bersama tim gabungan kembali sisir sampah di sungai. Salah satu yang menjadi sasaran utama adalah sampah yang tersangkut dan menumpuk di sejumlah tiang penyangga jembatan.

Lokasi yang menjadi sasarn pembersihan kali ini adalah Jembatan tua yang ada di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan. Untuk mengantisipasi terjadinya luapan banjir, sampah sampah yang menunpuk di tiang penyangga jembatan menjadi sasasan utama dari proses pembersihan sungai. Terlebih sungai ini merupakan  tempat bertemunya  3 aliran sungai yang ada di Trenggalek. Luapan sungai ini biasanya mengakibatkan banjir di dua desa, yaitu Desa Ngadirenggo dan Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan.

Kabid P2K BPBD Trenggalek,  Agung Widodo, mengatakan, sungai ini merupakan bertemunya tiga sungai yaitu, dari Kecamatan Bendungan,  Kecamatan Tugu dan Sungai Tawing Kecamatan Kampak. saat hujan mengguyur wilayah Kabupaten Trenggalek, maka sungai ngasinan menjadi sungai yang rawan banjir.

Agung juga menambahkan, Pembersihan sungai di fokuskan pada tiang penyangga jembatan, pasalnya banyak sampah yang nyangkut di tiang penyangga jembatan, jika tidak segera dibersihkan selain mengancam terjadinya banjir, juga bisa mengancam hilangnya jembatan. Selain menurunkan personil BPBD, pihaknya juga menurunkan perahu karet untuk membersihkan sampah di tengah sungai, kebanyakan sampah yang tersendat di penyangga jembatan merupakan sampah bambu dan plastik.