Home NEWS MOMENT Antisipasi Bencana Musim Penghujan, Basarnas Trenggalek Siagakan Peralatan

Antisipasi Bencana Musim Penghujan, Basarnas Trenggalek Siagakan Peralatan

205
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi bencana saat musim penghujan, Basarnas Trenggalek mulai siagakan sejumlah peralatan evakuasi. Beberapa diantaranya adalah alat berat, kendaraan roda 4, perahu karet, dan ebebrapa peralatan lain yang digunakan untuk evakuasi saat terjadi bencana.

Menurut keterangan personil Basarnas Trenggalek, pihaknya teah memetakan daerah daerah rawan bencana di Trenggalek. Hampir seluruh kecamatan di Trenggalek merupakan daerah rawan bencana, baik bencana longsor maupun bencana banjir. Dengan kondisi geografis yang rentan terjadi bencana tersebut, selain memetakan lokasi rawan bencana, pihaknya juga sudah menyiapkan armada,  peralatan,  maupun 18 petugas basarnas, yang siap membantu proses evakuasi saat terjadi bencana.

Lebih lanjut Personil Basarnas Trenggalek, Yoni Fariza, menyampaikan, tak dipungkiri kondisi geografis Kabupaten Trenggalek mayoritas wilayahnya adalah bukit-bukit, resiko terjadi bencana musibah longsor semakin meningkat ketika musim penghujan, terlebih saat intensitas hujan tinggi, terutama wilayah yang berada di lereng-lereng bukit tersebut rawan terjadi longsor.

Yoni juga menambahkan, beberapa peralatan evakuasi yang sudah disiapkan Basarnas antara lain dua unit eskavator,  empat kendaraan roda empat,  enam perahu karet,  dan peralatan penyelamatan. Sementara itu terkait pemanfaatan eksavator ini, selain bisa digunakan untuk evakuasi bencana longsor, juga bisa dimanfaatkan untuk menormalisasi sungai.