Home NEWS MOMENT Di Trenggalek, Perusahaan Yang Sudah Penuhi Gaji Sesuai UMK Hanya Ada 10%

Di Trenggalek, Perusahaan Yang Sudah Penuhi Gaji Sesuai UMK Hanya Ada 10%

682
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Nilai upah minimum kabupaten (UMK) belum spenuhnya diterapkan oleh perusahaan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Dari 50 perusahaan yang terdaftar, hingga akhir 2019 ini hanya ada 10% perusahaan saja yang sudah menerapkannya.

Menurut keterangan Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Trenggalek menyebutkan bahwa, tingkat produktivitas perusahaan di Kabupaten Trenggalek diduga menjadi pemicu perusahaan belum bisa menerapkan gaji karyawan sesuai UMK. Pasalnya, rata rata perusahaan tersebut memang bukan kategori perusahaan dengan produktifitas skala besar.

Lebih lanjut Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Trenggalek, Bambang Sumantri menyampaikan, bagi pelaku usaha yang belum mampu menerapkan gaji karyawan sesuai UMK, perusahaan tersebut bisa melakukan penangguhan pembayaran. Sedangkan pengajuan penangguhan pembayaran tersebut juga harus disertakan hasil audit dari auditor independent, yang menyatakan bahwa perusahaan layak untuk menangguhkannya.

Bambang Sumantri juga menambahkan, jika penerapan UMK ini dipaksakan, dinilai justru akan menjadi dilema. Seperti justru akan terjadi PHK besar-besaran, yang mngekaibatkan peningkatan angka pengangguran di Kabupaten Trenggalek. Terlebih lulusan SMK yang mencapai sekitar 4 ribu per tahun, di yakini juga tidak sepenuhnya bisa terserap