Home NEWS KRIMINAL Selundupkan Belasan Ribu Benur, Komplotan Ilegal Fishing Trenggalek Terancam 6 Tahun Penjara

Selundupkan Belasan Ribu Benur, Komplotan Ilegal Fishing Trenggalek Terancam 6 Tahun Penjara

101
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Kembali selundupkan belasan ribu benih lobster, komplotan pelaku illegal fishing asal Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek diringkus polisi. Rencananya, belasan ribu benur atau baby lobster tersebut akan dikirim ke salah satu pengepul yang ada di Jakarta

Penyelundupan benur dari kawasan pantai Prigi menuju Jakarta ini diketahui terjadi pada 4 Oktober kemarin. Berawal saat adanya mobil Avanza dengan Nopol AG 1245 YF, yang dkemudikan Bibit Sugiono  Warga Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, melintas di kawasan Jalan Raya Karangan Trenggalek dan Kepergok hendak mengirim benur ke Jakarta. Saat dilakukan penggeledahan, didalam mobil tersebut ditemukan 16.000 benih lobster. Sementara itu menurut pengakuan Bibit Sugiono, dirinya hanya bertugas sebagai kurir atas permintaan tersangka Khoirul Anam, Warga Desa Prigi Kecamatan Watulimo.

Kapolres Trenggalek, AKBP.Jean Calvijn Simanjuntak menyampaikan, berdasarkan pengakuan tersangka juga diketahui bahwa, sampai saat ini tersangka Khorul Anam sudah 4 kali melakukan transaksi Illegal Fishing ini, sedangkan kurir yang bertugas mengirim benur dari Trenggalek ke Jakarta mendapat upah sebesar lebih dari 3 Juta rupiah dalam sekali kirim.

Saat ini kedua tersangka beserta barang bukti berupa Mobil Avanza dengan Nopol AG 1245 YF, Uang tunai, HP, dan beberapa barang bukti lain sudah diamankan dimapolres Trenggalek guna proses hukum lebih lanjut. Akibat perbuatannya ini pelaku dijerat pasal pasal 92 Subs pasal 100 UU RI No. 31 tahun 2004 sebagaimana telah diubah dengan UURI No. 45 tahun 2009 tentang perikanan Jo pasal 55 ayat (1)  KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda maksimal satu setengah milyar rupiah.