Home NEWS MOMENT Anggota DPRD Trenggalek Dorong Warga Layangkan Surat Ke Sekda Jika Kesulitan Awasi...

Anggota DPRD Trenggalek Dorong Warga Layangkan Surat Ke Sekda Jika Kesulitan Awasi Dana Desa

68
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Pacu peran langsung masyarakat dalam pengawasan penggunaan dana desa, Anggota DPRD Trenggalek dorong warga untuk melayangkan surat ke sekretaris daerah (Sekda) jika mengalami kesulitan untuk mengetahui penggunaan dana desa didaerahnya.

Mengacu peraturan pemerintah (PP) nomor 54 tahun 2017 tentang keterbukaan publik, masyarakat berhak dan bisa mendapatkan informasi publik terkait penyelenggaraan pemerintah didaerahnya. Sehingga jika ada problem pada penggunaan dana desa, dan masyarakat kesulitan mengakses informasi tersebut, masyarakat cukup datang langsung ke sekda untuk meminta informasi tersebut,  selain itu,, warga juga bisa melayangkan surat secara lengsung ke sekda.

Salah satu Anggota DPRD Trenggalek yang sekaligus sebagai Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mohamad Husni Tahir Hamid menjelaskan,  masyarakat bisa mendapatkan informasi publik melalui Sekda selaku ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Sehingga masyarakat tidak perlu repot repot menggelar aksi saat kesulitan memperoleh informasi publik didaerahnya.

Husni juga menyampaikan, sesuai undang-undang Nomor 30 pasal 50, Jika selama sepuluh hari pasca mengajukan informasi publik ke Sekda, namun tak kunjung ada jawaban dari yang bersangkutan, maka masyarakat juga menggugatnya ke PTUN, sehingga gugatan masyarakat tersebut akan dikabulkan oleh PTUN.