Home NEWS MOMENT Kemarau Panjang, Embung Di Kecamatan Suruh Trenggalek Kembali Mengering

Kemarau Panjang, Embung Di Kecamatan Suruh Trenggalek Kembali Mengering

271
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Dilanda kemarau panjang selama beberapa bulan terakhir, embung yang ada di Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Jawa Timur mengering. Kondisi ini sudah terjadi sejak dua bulan terakhir, akibatnya, kebutuhan air untuk kebutuhan lahan pertanian warga juga tidak bisa terpenuhi.

Menurut keterangan pengelola Embung yang ada di Kecamatan Suruh, kondisi embung mengering ini rutin terjadi dalam setiap tahunnya. Biasanya air yang mengalir dari embung ini digunakan untuk mengaliri sawah sawah penduduk, namun karena kondisi embung mulai mengering, sawah warga yang biasanya ditanami padi, saat ini tidak bisa lagi ditanami padi lagi.

Lebih lanjut pengelola embung, Subur menyampaikan, mengeringnya embung di Kecamatan Suruh ini sudah terjadi sejak bulan juli kemarin. Meski demikian warga masih bisa memanfaatkan sisa air dari embung untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, dengan cara memasang selang air yang dialirkan ke rumah rumah warga.

Subur juga menjelaskan, karena sisa air yang mengalir dari embung ini tidak ada penyaringnya, dan kondisinya juga agak keruh, sebelum dimanfaatkan untuk air minum, warga juga harus menyaringnya terlebih dahulu dengan cara membiarkan kotoran mengendap terlebih dahulu. Setelah kondisi air jernih warga memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhannya sehari hari.