Home Inspiring Berawal Dari Keterpaksaan, Pengrajin Koral Asal Kampak Ciptakan Gerobak Motor Yang Bisa...

Berawal Dari Keterpaksaan, Pengrajin Koral Asal Kampak Ciptakan Gerobak Motor Yang Bisa Renang

329
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Berawal dari keterpaksaan menjalani pekerjaan sebagai pengrajin batu koral manual didaerahnya, Pemuda Asal Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek berkreasi cipatakan kendaraan pengangkut batu yang bisa digunakan disegala medan, bahkan kendaraan tersebut ini bisa digunakan untuk melintasi sungai yang airnya besar.

Sekilas ada yang tidak biasa dari penampakan kendaran roda tiga ini. Dimensi kendaraan ini terlihat  lebih ramping dari kendaraan roda tiga pada umumnya, namun penampilan salah satu kendaraan dengan mesin yang terletak di bagian depan setir ini justru membuat motor tersebut tampak lebih garang.  Salah satu keistimewaan dari kendaraan ini adalah bisa digunakan untuk menyeberangi sungai dengan kedalaman air hingga sekitar 50 centimeter. Selain itu kendaraan ini juga bisa berjalan mundur, dan bisa menurunkan muatannya sendiri seperti halnya mobil dump truk.

Kedua Motor gerobak roda tiga ini adalah motor hasil kreasi Edi Susanto, salah satu pemuda asal Desa Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Dalam setiap harinya kedua kendaraan ini digunakan untuk mengangkut batu bahan koral dari sungai menuju rumahnya.

Menurut penjelasan Edi Susanto, kedua kendaraan gerobak roda tiga tersebut merupakan kendaraan rakitan sendiri, bahan bahan untuk merakitnya juga memanfaatkan bekas sparepart mobil, bekas Spare Part motor, hingga besi besi bekas yang didapat dari dari tempat penampungan barang bekas.

Edi Susanto juga menambahkan, pembuatan dua unit kendaraan roda dua tersebut telah dilakukannya sejak tahun 2015 lalu. Saat itu dirinya merasa kasian melihat banyaknya wanita pencari batu, yang bersusah payah mengumpulkan batu dengan cara digendong menuju pinggir jalan raya untuk dijual. Berkaca dari hal tersebut akhirnya dirinya bertekat untuk menciptakan kendaraan gerobak serbaguna yang dirakit menggunakan barang barang bekas.