Home NEWS KRIMINAL Modus Bisa Loloskan CPNS, Warga Tulungagung Tipu Korban Di Trenggalek Hingga Ratusan...

Modus Bisa Loloskan CPNS, Warga Tulungagung Tipu Korban Di Trenggalek Hingga Ratusan Juta Rupiah

450
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Ngaku sebagai utusan badan kepegawaian Negara (BKN), Warga Asal Desa Bolorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung tipu warga Trenggalek hingga ratusan juta rupiah. Saat melancarkan aksinya, pelaku menjanjikan kepada korban bisa meloloskan masuk CPNS hanya dengan membayar sejumlah uang.

Praktik penipuan dengan modus calo CPNS ini diketahui terjadi sejak tahun 2014 lalu, berawal saat pelaku Tardjono Kusumo, Warga Desa Bolorejo Kecamatan Kauman mendatangi korban Suratman, Warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, dan menawarkan jasa bahwa dirinya bisa meloloskan CPNS dengan syarat menyetorkan sejumlah uang. Selanjutnya Pada tahun 2016 lalu korban juga mentransfer sejumlah uang dan meminta pelaku agar memasukkan anak korban untuk menjadi CPNS. Jumlah uang yang ditransfer kepada pelaku terakumulasi mencapai sekitar 120 Juta Rupiah.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo menjelaskan, Untuk meyakinkan korbannya, pelaku menjanjikan kepada korban, bahwa anak korban akan masuk menjadi salah satu CPNS di Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek. Namun hingga saat ini hal tersebut tidak juag terwujud.

Saat ini pelaku beserta barang bukti berupa surat pemberitahuan penerimaan SK CPNS, bukti transfer,  surat pemberitahuan penerimaan CPNS, surat perjanjian, ID Card, kartu ATM dan sejumlah barang bukti lain sudah diamankan di Mapolres Trenggalek guna proses hukum lebih lanjut, Akibat perbuatannya ini pelaku dijerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 4 (empat) tahun penjara.