Home Culture Demi Berkah Tumpeng Hari Jadi Trenggalek Ke 825, Warga Rela Desak Desakan...

Demi Berkah Tumpeng Hari Jadi Trenggalek Ke 825, Warga Rela Desak Desakan Untuk Berebut

127
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Berebut tumpeng pada puncak perayaan hari jadi Trenggalek menjadi tradisi rutin tahunan yang selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat. Terlebih, sejumlah masyarakat juga beranggapan bahwa makanan yang ada dalam tumpeng tersebut bisa membawa berkah bagi yang memakannya.

Meski awalnya tradisi berebut tumpeng raksasa ini hanya diikuti oleh masyarakat Trenggalek saja, namun saat ini Tradisi berebut tumpeng raksasa ini juga diminati oleh sejumlah warga dari luar kota. Menurut kepercayaan sebagian masyarakat, tradisi berebut tumpeng raksasa ini merupakan perlambangan kebersamaan dengan mengharap berkah dari tuhan yang maha esa. Tak heran jika sebagian masyarakat justru mewajibakn dirinya untuk selalu mengikuti kegiatan berebut tumpeng pada peringatan hari jadi.

Salah satu warga yang turut berebut tumpeng raksasa. Menerangkan, meski harus mengantri sejak pagi dan berdesak desakan, dirinya merasa senang, karena moment seperti ini hanya bisa ditemui setahun sekali, yaitu sewaktu perayaan hari jadi saja. Selain itu pada moment hari jadi ini dirinya berharap kabupaten Trenggalek bisa lebih maju dari tahun tahun sebelumnya

Sebelum diperebutkan warga, tumpeng agung hari jadi Trenggalek ini terlebih dahulu diarak keliling alun alun bersama dua pusaka dan panji panji kabupaten Trenggalek menuju pendopo. Setelah dilakukan bebebrapa prosesi ritual dan doa bersama di pendopo, akhirnya tumpeng agung ini diserahkan kepada warga untuk diperebutkan dan dinikmati bersama sama di halaman pendopo manggala praja nugraha Kabupaten Trenggalek.