Home Culture Sekilas Asal Usul Sepasang Tombak Kyai Korowelang Di Kabupaten Trenggalek

Sekilas Asal Usul Sepasang Tombak Kyai Korowelang Di Kabupaten Trenggalek

2774
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Sepasang tombak yang dikenal dengan nama Kyai korowelang sudah menjadi pusaka andalan Kabupaten Trenggalek sejak ratusan tahun silam, hingga saat ini kedua pusaka tersebut masih dirawat dengan baik oleh pemerintah. Bagaimana asal usul pusaka tersebut, yuuk ikuti penelusurannya berikut ini.

Menurut keterangan ahli spiritual yang bertugas merawat sepasang tombak kyai korowelang, Maryono alias Mbah Gelung menjelaskan, bahwa kedua pusaka andalan Kabupaten Trenggalk tersbeut berasal dari daerah kawedanan pakis, Kadipaten Medang Kamulyan. Saat ini daerah tersebut bernama Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Penemuan kedua pusaka tersebut berawal dari ditemukannya sebuah prasasti yang menjadi cikal bakal berdirinya Kabupaten Trenggalek. Kedua pusaka tersebut ditemukan tepat dibawah prasasti.

Sejak ditemukan tersebut, hingga saat ini kedua pusaka tersebut ditetapkan menjadi pusaka andalan Kabupaten Trenggalek. Saat ini kedua pusaka tersebut tersimpan baik di rumah dinas Bupati Trenggalek. Setiap peringatan hari jadi, kedua pusaka tersebut juga rutin di jamasi dan diarak keliling kota mulai dari Kecamatan Durenan hingga sampai di Pendopo Kabupaten Trenggalek.