Home NEWS MOMENT Unik, Warga Trenggalek Gelar Upacara Hari Kemerdekaan Ala Rakyat Jelata

Unik, Warga Trenggalek Gelar Upacara Hari Kemerdekaan Ala Rakyat Jelata

1019
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Ada ada saja cara warga untuk memperingati hari kemerdekaan, seperti yang dilakukan oleh warga Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek ini. Mereka menggelar Upacara hari kemerdekaan di lokasi bekas pertambangan batu, dengan pakaian apa adanya ala rakyat jelata.

Seperti inilah keseruan warga Sukorejo Gandusari saat melakukan upacara Hari Kemerdekaan didaerahnya, Upacara ini digelar di bawah bukit batu lokasi pemakaman, yang sekaligus bekas lokasi tambang. warga yang mengikuti Upacara ini juga hanya mengenakan pakaian yang biasa digunakan dalam setiap harinya, sepertihalnya ada yang mengenakan baju lorek khas jawa dengan penutup kepala berupa blagkon, dan ada juga yang mengenakan baju ala petani dengan penutup kepala berupa caping. Uniknya lagi, pemimpin upacara berdiri di atas gerobak, yang digunakan masyarakat untuk bekerja. Selain itu, setelah upacara selesai, para peserta dan pengunjung juga disuguhi makanan ala pedesaan berupa ketela rebus dan sambal lobok mentah.

Ketua panitia pelaksana Tarkiyat menerangkan, Pihaknya bersama masyarakat sengaja melakukan upacara dengan cara yang unik ala rakyat jelata ini dengan tujuan untuk memperingati hari kemerdekaan serta memupuk  rasa nasionalisme yang tinggi ditingkat bawah.

Tarkiyat juga menambahkan, Upacara dilokasi tambang dengan tema kerakyatan ini baru pertama kali ini digelar oleh warga Desa Sukorejo, rencananya, kegiatan ini akan rutin digelar dalam setiap tahunnya, dengan kemasan yang lebih meriah.