Home NEWS MOMENT Sampul Surat Suara Rusak, Penghitungan Surat Suara Ulang KPU Trenggalek Diwarnai Protes...

Sampul Surat Suara Rusak, Penghitungan Surat Suara Ulang KPU Trenggalek Diwarnai Protes Saksi

134
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Aksi protes mewarnai proses penghitungan surat suara ulang,  yang digelar oleh komisi pemilihan umum (K P U)  Kabupaten Trenggalek. Protes tersebut dilakukan oleh Saksi dari P D I Perjuangan karena sampul dan segel kotak suara  rusak sebelum dibuka.

Protes pada penghitungan ulang surat suara oleh KPU Treggalek ini dilakukan karena sampul surat suara mengalami robek pada bagian belakang. Akibat protes ini membuat pelaksanaan penghitungan surat suara ulang berhenti sejenak.  KPU bersama bawaslu setempat kemudian melakukan rapat koordinasi,  untuk membahas kondisi ini. hasil rapat tersebut memutuskan saksi yang keberatan diminta untuk mengisi formulir keberatan C2. sedangkan proses penghtungan surat suara ulang tetap dilanjutkan.

Menanggapi hal ini Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi menerangkan, Dari hasil pemeriksaan KPU,  rusaknya sampul surat suara,  serta segel kotak suara ini diduga diakibatkan adanya gesekan saat proses pemindahan,  dari TPS ke kelurahan dan kecamatan. selain itu dalam kotak suara terdapat beberapa dokumen lain,  yang ditumpuk sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan pada sampul.

Sebelumnya diketahui bahwa, Sesuai keputusan mahkamah konstitusi atas gugatan PDI Perjuangan Trenggalek,  MK memerintahkan perhitungan suara ulang di empat TPS yang ada diaerah Pemilihan Dapil I DPRD Kabupaten Trenggalek, yakni TPS 04, TPS 12, dan TPS 20 Kelurahan Surodakan, serta TPS 12 Kelurahan Sumbergedong.