Home NEWS MOMENT Pasokan air bersih BPBD Tidak Mencukupi, Warga Mlinjon Trenggalek Harus Keluar Masuk...

Pasokan air bersih BPBD Tidak Mencukupi, Warga Mlinjon Trenggalek Harus Keluar Masuk Hutan

442
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasokan air bersih dari BPBD Kabupaten Trenggalek tidak bisa mencukupi kebutuhan air dalam setiap harinya, warga di Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Jawa Timur harus jalan kaki keluar masuk hutan untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

Menurut keterangan salah satu ketua RT di Dusun Dusun Selorejo Desa Mlinjon Kecamatan suruh, kondisi kekeringan didaerahnya ini cukup memprihatinkan. Pasalnya, didaerahnya saat ini hanya ada 2 sumber mata air yang bisa dimanfaatkan warga. Sedangkan untuk mendapatkannya juga harus mengantri dengan warga lainnya. Sehingga warga yang berjumlah sekitar 30 KK harus mengandalkan dua mata air yang ada di kawasan hutan tersebut, dengan jarak tempuh antara satu hingga dua kilometer.

Lebih lanjut Ketua RT tersebut, Bintoro menjelaskan, untuk kiriman air bersih dari BPBD Trenggalek tidak menentu, terkadang dikirim setiap tiga hari hingga empat hari sekali. Kiriman air tersebut juga tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan warga dalam setiap harinya, sehingga warga harus mencari tambahan air bersih dari sumber air yang ada di hutan.

Perlu diketahui bahwa, krisis air bersih di Dusun Selorejo Desa Mlinjon Kecamatan suruh Kabupaten Trenggalek ini rutin terjadi dalam setiap tahunnya. Pada tahun 2019 ini bencana kekeringan didaerah tersebut sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir. Untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya warga hanya mengandalkan dua mata air yang ada di dalam hutan dan kiriman dari BPBD Kabupaten Trenggalek.