Home NEWS MOMENT Jika Hasil Pemilihan Wabup Trenggalek Suaranya Draw, Dewan Akan Lakukan Langkah Ini

Jika Hasil Pemilihan Wabup Trenggalek Suaranya Draw, Dewan Akan Lakukan Langkah Ini

196
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Jika hasil pemilihan wakil bupati Trenggalek yang dilakukan oleh DPRD kabupaten Trenggalek hasilnya sama, Panitia pemilihan (Panlih) akan terapkan langkah langkah  lanjutan sesuai tata tertib (tatib) yang ada. Salah satunya yaitu akan menunda pencoblosan dan mengulangnya hingga beberapa kali.

Berdasarkan tata tertib DPRD Kabupaten Trenggalek, jika dalam proses pemilihan wabup yang dilakukan dengan sistem pencoblosan surat suara hasilnya draw atau sama, maka akan dilakukan pemilihan ulang setelah dua jam pasca proses pemilihan pertama, jika setelah diulang hasilnya masih tetap draw, maka proses pemilihan akan diulang lagi hingga 3 kali.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Panitia Pemilihan Wakil Bupati Trenggalek, Agus Cahyono menerangkan, jika setelah diuang 3 kali hasilnya tetap draw, maka langkah terakhir adalah akan dilihat dari pemilihnya, dan akan dikonversi dengan suara yang didapat oleh anggota DPRD sesuai perolehan suara pada pemilu legislatif.

Agus Cahyono juga menambahkan, pihaknya meyakini jika kejadian draw pada perolehan suara calon wakil Bupati ini sangat kecil kemungkinanya terjadi, pasalnya, jumlah anggota DPRD saat ini ada 43 anggota, sehingga jika semuanya menggunakan hak pilihnya, maka hasilnya perolehan suara calon wakil bupati tidak akan sama.