Home NEWS MOMENT Ini Dia Kesenian Warga Suku Sasak Lombok Yang Membuat Jokowi Betah Disana

Ini Dia Kesenian Warga Suku Sasak Lombok Yang Membuat Jokowi Betah Disana

134
SHARE

bioztv.id – Blusukan di Lombok Nusa Tenggara Barat, Presiden jokowi dibuat kagum oleh atraksi kesenian khas warga suku sasak yang ada di Dusun Sade Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Kesenian tersebut yaitu tarian peresean yang menampilkan pertarungan dengan senjata Rotan.

Seperti inilah tarian peresean yang disaksikan Presiden Jokowi di Lombok, Tarian ini menggambarkan pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras. Pada kesenian ini juga ada wasit yang mengatur jalannya pertarungan. Selama pertarungan digelar juga diiringi oleh musik tradisional khas suku sasak

Pada pertarungan Peresean ini pesertanya tidak dipersiapkan sebelumnya, tetapi peserta diambil dari para penonton, mereka adalah para penonton atau warga setempat yang secara spontan ingin mengikuti pertarungan tersebut, ataupun warga yang sudah terbiasa ikut pertarungan peresean.

Dalam pagelaran seni peresean ini ada dua wasit yang selalu standby, Wasit pinggir atau biasa disebut pekembar sedi bertugas mencari pasangan peserta yanag akan bertarung atau biasa disebut pepadu dari para penonton, sedangkan wasit tengah atau juga biasa disebut pekembar tegag yang bertugas   memimpin jalannya pertandingan.