Home Tech Entertainment Hari Bumi, Bendera Merah Putih Berkibar Di Dalam Laut Pantai Mutiara Trenggalek

Hari Bumi, Bendera Merah Putih Berkibar Di Dalam Laut Pantai Mutiara Trenggalek

802
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Peringati hari bumi yang jatuh pada 22 April kemarin, sejumlah komunitas di Kabupaten Trenggalek dan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya gelar Aksi bersih bersih sampah dikawasan pantai dan pengibaran bendera merah putih didalam laut Kawasan Pantai Mutiara Trenggalek.

Pada kegiatan bersih pantai ini, Lokasi penyisiran sampah dimulai dari Pantai Bangkokan di Desa Karanggandu, sampai Pantai Mutiara di Desa Tasikmadu. Pernyisiran sampah di permukaan laut ini dilakukan oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas). sedangkan untuk penyirisan bawah laut, sekaligus pengibaran bendera didalam laut dilakukan oleh Tim penyelam dari lantamal V Surabaya.

Wakl Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menernagkan, gerakan bersih pantai ini merupakan gerakan memerangi sampah plastik di Kawasan pantai dan didalam laut, sehingga laut tetap bersih dan bisa terhindar dari pencemaran sampah plastik.

Sementara itu Komandan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI. Edwin menerangkan, dengan di gelarnya pembersihan sampah plastik di bibir pantai dan laut secara Bersama sama ini,  diharapkan bisa menjadi motivasi bagi masyarakat agar turut serta untuk peduli menjaga kebersihan pantai, baik di darat dan di dalam laut.

Untuk tetap menjaga pelestarian alam di Kawasan pantai dan yang ada di dalam laut, selanjutnya pihak pemerintah Kabupaten Trenggalek juga akan menjalin kerjasama dengan pihak Lantamal V Surabaya melalui MoU kerjasama penjagaan Kawasan laut, seperti halnya pelestarian terumbu karang dan penindakan terhadap illegal fishing agar dibantu oleh pihak angkatan laut.