Home Uncategorized Pasca Pelantikan Kepala Desa Baru, AKD Dorong Seluruh Kades Tanda Tangani Pakta...

Pasca Pelantikan Kepala Desa Baru, AKD Dorong Seluruh Kades Tanda Tangani Pakta Integritas

170
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasca dilantiknya 131 Kepala Desa terpilih dan 1 PJ Kades di Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek, Asosiasi Kepala Desa (AKD) dorong seluruh kades yang baru saja dilantik untuk tanda tangani pakta integritas demi menjaga sinergitas pemerintahan dan antisipasi terjadinya KKN di Desa.

Mengacu penjelasan yang disampaikan Ketua AKD Kabupaten Trenggalek, Pakta integritas yang ditanda tangani oleh seluruh kades tersebut menekankan adanya sinergitas antara pemerintahan desa dengan pemerintahan yanga da diatasnya, agar terjalin pengawalan pembangunan yang bersifat symbiosis mutualisme. Sehingga program program pembangunan bisa nyambug dan cocok dengan kondisi yanga da di desa.

Lebih lanjut Ketua AKD Kabupaten Trenggalek, Puryono menerangkan, mengingat kedepannya dana yang dikucurkan dan dikelola oleh pemerintah desa semkin besar, melalui pakta integritas tersebut pihaknya berharap adanya pengawasan melekat dari berbagai pihak terhadap pembangunan di desa, sehingga potensi terjadinya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme di tingakt desa bisa dihindari sejak dini.

Puryono juga menambahkan, untuk sanksi terhadap Kepala desa yang mbalelo, pihaknya menyerahkan sepenuhnya terhadap pihak pihak terkait yang berwenang, karena hal tersebut bukanlah wewenang dari AKD, namun AKD akan terus mendorong seluruh kepala desa agar KKN tidak lagi terjadi di tingkat desa.