Home Tech Entertainment Arumi Bachsin, Sampah Bisa Menjadi Berkah Jika Kita Bisa Mengolah

Arumi Bachsin, Sampah Bisa Menjadi Berkah Jika Kita Bisa Mengolah

989
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Penanganan sampah khususnya sampah plastik di Provinsi Jawa Timur menjadi perhatian khusus Arumi Bachsin. Pasalnya, jika tidak ditangani dengan baik sampah akan menjadi permasalahan serius yang berdampak terhadap lingkungan hidup, sementara itu jika bisa mengolah justru akan menjadi berkah.

Semenjak resmi menjabat sebagai ketum Tim Penggerak PKK Jatim pada bulan Februari lalu, Arumi Bachsin Getol blusukan ke berbagai Kabupaten/Kota di Jatim, untuk sosialisasikan bahaya sampah plastik dan upaya penanganannya. Arumi menekankan agar sampah palstik tidak dibuang di sembarang tempat, dan harus diolah dengan baik agar tidak merusak lingkungan.

Lebih lanjut Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin menjelaskan, bahwa sampah bisa menjadi berkah jika kita bisa mengolahnya benar.  Seperti halnya system pengolahan sampah yang ada di Bojonegoro yang mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar, dan kompos dioleh menjadi gas metan. Sedangkan untuk mengolah sampah tersebut juga tidak selamanya membutuhkan biaya yang mahal, karena bisa dilakukan dnegan peralatan yang  sederhana.

Untuk memaksimalkan upaya penanganan sampah ini, Arumi Bachsin berharap agar ibu ibu PKK di tingkat Kabupaten/Kota bisa bersinergi dengan OPD terkait, untuk bisa bersama sama menangani permasalah sampah, baik penanganan melalui sosialisasi ke bawah, pemenuhan fasilitas tempat pembuangan sampah, maupun pengelolaan di tempat pembuangan sampah akhir.