Home Inspiring Kreatif & Inovatif, Napi Rutan Trenggalek Ciptakan Moge & Mobil Dari Stik...

Kreatif & Inovatif, Napi Rutan Trenggalek Ciptakan Moge & Mobil Dari Stik Bekas Es Krim

459
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Daur ulang limbah stik eskrim yang terbuang sia sia, Warga binaan rumah tahanan (Rutan) kelas 2B Kabupaten Trenggalek berhasil ciptakan karya seni indah berupa miniatur Motor Gede (Moge), Mobil dan berbagai karya seni lain yang mampu menghasilkan pundi pundi rupiah.

Tertahan dibelik jeruji penjara ternyata tidak membuat inspirasi sejumlah warga binaan Rutan kelas 2B Trenggalek turut tertahan, pasalnya, meski harus menjalani kehidupannya di penjara, namun mereka masih menyempatkan diri untuk berkreasi mewujudkan inspirasinya menjadi sebuah karya yang indah.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu penghuni Rutan Kelas 2B Trenggalek Agung Misdian Wardana, untuk mengisi hari harinya di Rutan dirinya mencoba berkreasi dengan memanfaatkan limbah stik es krim untuk membuat miniature Moge, Bus, Trus dan beebrapa miniatur lainnya.

Beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat miniature ini antara lain Cutter, Lem, Penggaris, Stik Bekas Es Krim, Korek api Bekas, Bambu dan spon. Untuk membuat miniature Moge dari stik bekas es krim ini, Agung Misdian Wardana membutuhkan waktu skeitar 1 minggu, sedangkan untuk membuat miniature mobil memerlukan waktu sliotar 10 hari. Miniatur moge buatannya ini dibanderol dengan harga 100.000 per unitnya, sedangkan miniature Mobil jenis Truk dibanderol dengan harga 250.000 untuk setiap unitmya.

Pembina Kemandirian Warga Binaan Rutan Kelas 2B Trenggalek, Murtadji meneragkan, untuk mendukung berbagai karya seni yang dihasilkan warga binaannya ini, pihaknya juga turut membantu dalam hal pemasaran, salah satunya yaitu dengan cara mempublikasikan hasil karya tersebut diberbagai media sosial yang ada.

Selain membantu pemasaran, untuk mendukung kemandirian warga binannya melalui berbagai karya yang dihasilkannya, pihak rutan juga telah menyediakan lokasi khusus bagi warga binaan untuk berinovasi dan berkreasi demi mengembangkan bakat dan keahlian yang dimilikinya.