Home NEWS MOMENT Seperti Inilah Cara Mudah Membuat Barongan Ala Pemuda Jatiprahu Trenggalek

Seperti Inilah Cara Mudah Membuat Barongan Ala Pemuda Jatiprahu Trenggalek

529
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Membuat karya seni barongan menjadi aktivitas yang ditekuni oleh salah satu pemuda asal Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Dari tangan kreatifnya, telah menghasilkan berbagai jenis barongan yang indah, mau tahu seperti apa proses pembuatannya, yuuk ikuti liputannya berikut ini.

Untuk bisa membuat barongan seperti yang dihasilkan oleh Andi Susilo, Pemuda asal Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan ini, langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah mencari bahan baku berupa kayu waru, yang memiliki sifat kuat dan tidak mudah pecah. Selain itu kayu waru memiliki tekstur bersih dan mudah dipahat. Balok kayu waru ini kemudian dibelah menjadi dua dan dihilangkan kulitnya.

Setelah kayu terkelupas dari kulinya, kemudian membuat pola dan mengukirnya untuk membentuk bagian hidung, mata dan moncong bagian atas. Sedangkan Alat-alat yang dipersiapkan pun juga terbilang sederhana di antaranya pisau, golok, pahat kecil, pemukul kayu, martil serta alat-alat. Sementara itu untuk prose finishing juga diperlukan bahan seperti cat, kulit sapi kering, ijuk kelapa serta kain khusus.

Pada tahap final dari proses pembuatan barong ini, Setelah barongan dicat, Selanjutnya pemberian acsesoris, sepetihalnya, kulit sapi digunakan sebagai jamang, ijuk kelapa sebagai rambut barong, serta kain khusus untuk penutup kepala bagi pemain barong.

Untuk bisa membuat barongan seperti ini, Ansi Susilo biasanya memerlukan waktu sekitar dua minggu setiap unitnya, sedangkan untuk harganya sendiri dibanderol antara 1.850.000 hingga 2.300.000 rupiah untuk ukuran dewasa, dan 1.200.000 rupiah untuk ukuran anak anak, tergantung motif, ukuran dan tingkat kerumitan dalam proses pembuatannya.