Home Business Keren, Barongan Karya Pemuda Jatiprahu Trenggalek Diburu Penggemar Dari Berbagai Kota

Keren, Barongan Karya Pemuda Jatiprahu Trenggalek Diburu Penggemar Dari Berbagai Kota

1122
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Peduli pelestarian kesenian tradisional di tengah tengah modernisasi seni dan budaya, Pemuda asal Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, asah bakat seninya dengan menekuni usahanya sebagai pengrajin barongan.

Sejak 3 tahun terakhir, Andi Susilo, Pemuda asal Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, memilih jalannya untuk menekuni keahlian sebagai pengrajin barongan. Dari tangan kreatif pemuda desa ini telah terbukti mampu menghasilkan berbagai jenis barongan yang unik dan indah.

Menurut Andi Susilo, awal mula dirinya mau menekuni usaha sebagai pengrajin barongan ini lantaran terinspirasi dari banyaknya anak kecil yang suka bermain barongan, melihat bentuknya yang unik dan indah, akhirnya dirinya mencoba untuk membuat barongan tersebut secara otodidak, dan ternyata hasil barongan buatannya ini justru diminati para pecinta barongan. Untuk membuat satu unit barongan ini biasanya andi Susilo membutuhkan waktu sekitar 2 minggu, tergantung ukuran dan modelnya.

Untuk memasarkan hasil karyanya ini, Andi Susilo hanya mengandalkan media sosial yang ia miliki, dari medsos tersebut orderan barongan sering datang, baik orderan dari dalam kota maupun dari luar kota. Dari hasil karya ini, andi membandrol harga antara 1.850.000 hingga 2.300.000 rupiah untuk ukuran dewasa, dan 1.200.000 rupiah untuk ukuran anak anak.