Home Culture Harta Karun Benda Benda Kuno Masa Dinasti Ming & Dinasti Tang Ditemukan...

Harta Karun Benda Benda Kuno Masa Dinasti Ming & Dinasti Tang Ditemukan Di Trenggalek

2133
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah benda benda kuno yang diduga peninggalan dari masa Dinasti Ming dan Dinasti Tang baru saja di temukan di Kabupaten Trenggalek, benda benda tersebut berupa perhiasan, perabot rumah tangga, uang koin kuno dan benda benda lain khas tionghoa.

Area persawahan Dusun Jati Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek menjadi saksi bisu kehidupan etnis tionghoa di Trenggalek, Pasalnya, dilokasi tersebut telah ditemukan jejak kehidupan yang meninggalkan benda benda kuno dan bekas pemukiman khas etnis tionghoa.

Pemilik lahan lokasi penemuan benda kuno, sumono menerangkan,  Benda-benda tersebut ditemukan pekerja saat melakukan penggalian tanah untuk pembuatan batu bata dilahan miliknya, kemudian barang barang tersebut diserahkan kepada dirinya. Benda benda kuno tersebut berupa Mangkuk,  Cupu,  Perhiasan Gelang,  Kelintingan,  Berbagai uang kuno yang bertuliskan huruf china,  arab dan jawa, serta berbagai pecahan gerabah. sedangkan di lokasi sawah juga ditemukan beberapa benda kuno berukuran besar berupa sumur dan lesung batu.

Menanggapi penemuan benda benda kuno ini Kasi Pelestarian Sejarah Tradisi Dan Cagar Budaya Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparibud) Trenggalek,  Agus Prasmono,  menerangkan, dilihat ari ciri ciri barangnya, benda benda tersebut merupakan benda pada masa dinasti Ming dan Tang, milik etnis tionghoa di era kerajaan Majapahit.

Agus Prasmono juga menambahkan, berdasarkan penemuan tersebut dirinya menduga pada era majapahit,  di wilayah pesisir selatan Trenggalek telah terjadi akulturasi dengan perantau china, hal tersebut juga dibuktikan adanya sejumlah pemakaman china di wilayah desa gayam,  kecamatan panggul serta barang barang peninggalan sejarah lainnya.