Home NEWS MOMENT Rakornas Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Jokowi Dikepung Ribuan Kepala Desa & BPD

Rakornas Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Jokowi Dikepung Ribuan Kepala Desa & BPD

268
SHARE

bioztv.id – Hadiri pembukaan rapat koordinasi nasional (Rakornas) penyelenggaraan pemerintah desa di Ecovention Ocean Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Presiden Joko Widodo kembali dikepung ribuan Kepala Desa yang ingin berinteraksi langsung dengan berjabat tangan dan berfoto selfie bareng Jokowi.

Seperti inilah suasana pembukaan Rakornas penyelenggaraan pemerintah desa tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, pada 20 Februari kemarin. Ribuan Kepala Desa dan tamu undangan tampak sambut kedatangan Presiden Jokowi dengan penuh kegembiraan. Sedikitnya ada 3.200 kepala desa dan 1.000 badan permusyawatan desa regional 1 yang hadir dalam acara ini.

Pada Kegiatan tersebut Presiden Jokowi juga meminta perwakilan kepala desa ke podium, untuk menyampaikan penggunaan dan pemanfaatan dana desa didaerahnya, dalam hal ini presiden menyampaikan pentingnya perencanaan sebelum membuat bangunan, selian itu presiden juga berpesan kepada seluruh kepala desa agar jangan sampai membuat bangunan namun setelah bangunan jadi tidak ada aktivitasnya.

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 dana desa sudah dikucurkan sebesar 20,7 triliun, tahun 2016 sebesar 47 triliun, tahun 2017 sebesar 60 triliun, tahun 2018 sebesar 64 triliun dan tahun 2019 sebesar 70 triliun sudah dikucurkan ke seluruh desa-desa yang ada di tanah air. Dengan demikian sejak tahun 2015 hingga akhir tahun 2019 mendatang, jumlah  dana desa yang dikucurkan sebesar 257 triliun.