Home Business Mengintip Cara Simpel Membuat Lukisan Unik Mural Kayu Ala Pemuda Trenggalek

Mengintip Cara Simpel Membuat Lukisan Unik Mural Kayu Ala Pemuda Trenggalek

743
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Karya seni mural kayu akhir akhir ini terbukti menjadi salah satu karya seni yang diburu oleh berbagai Kalangan. Keindahan karya seni tersebut terbukti mampu menghadirkan sisi keindahan berbeda dari sebuah karya seni pada umumnya. Mau tau bagaimana cara membuatnya ?, yuuk ikuti terus liputannya berikut ini.

Berdasarkan keterangan pembuat karya seni mural kayu asal Ngembel Watulimo, Saiful Pribadi menjelaskan, Untuk bisa membuat karya seni mural kayu ini, bahan utama  yang harus disiapkan adalah papan kayu yang sudah dihaluskan permukaanya, sedangkan alat yang paling vital dalam pembuatannya adalah gergaji mesin dengan mata kecil yang bisa digunakan untuk memotong bagian bagian terkecil dari lukisan yang akan dibuat.

Lebih lanjut Saiful juga menerangkan, Sebelum membuat mural kayu ini, langkah pertama yang dilakuan adalah merubah sebuah foto menjadi sketsa atau vector gambar hitam putih, selanjutnya gambar tersebut diberi tanda mana yang akan dipotong dan mana yang akan dipertahankan. Kemudian gambar tersebut ditempel pada papan kayu yang akan dijadukan sebagau media lukis mural kayu.

Setelah gambar tersebut ditempel pada papan kayu, langkah selanjutnya yaitu memasukkan papan kayu tersebut pada mesin gergaji khusus yang bisa digunakan untuk memotong papan kayu sesuai dengan sketsa yang ada hingga selesai.

Untuk tahap finishing dari pembuatan mural kayu ini adalah pemberian papan background dengan warna gelap, selanjutnya juga dilakukan penambahan pigora kayu dan pewarnaan dengan warna yang natural sesuai tema dan jenis bahan kayu yang digunakan.