Home Business Kendaraan Hand Made Unik Anti Mainstream, Gerobak Gempo Karya Pemuda Kampak

Kendaraan Hand Made Unik Anti Mainstream, Gerobak Gempo Karya Pemuda Kampak

2104
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Ada ada saja inovasi karya pemuda desa untuk mempermudah pekerjaan yang ditekuninya, dengan memanfaatkan mesin motor bekas dan rongsokan besi bekas dari tempat penampungan barang bekas, Pemuda Desa Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur ini berhasil menciptakan kendaraan gerobak pengangkut batu serbaguna yang diberi nama gerobak Gempo.

Berawal dari sulit dan beratnya proses pengangkutan bahan baku batu koral dari sungai, dengan kondisi jalan yang terjal, berair, licin, sempit dan tidak bisa dilintasi menggunakan kendaraan bermotor atau mobil pada umumnya, salah satu pemuda Desa Karangrejo, Edi Susanto memiliki inisiatif membuat alat pengangkut batu yang bisa mempermudah pekerjaanya.  Dengan modal keahlian yang dimilikinya akhirnya dibuatlah gerobak gempo tersebut.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah Desa Karangrejo untuk mengembangkan hasil karya warganya ini, Kepala Desa setempat juga berinisiatif untuk memberikan pembinaan pengembangan lebih lanjut dan mengupayakan bantuan permodalan.

Berkat inovasi pembuatan gerobak gempo ini, sejumlah warga yang saat ini bekerja sebagai pengrajin batu koral merasa terbantu, dengan alat tersebut proses pengngkutan batu dari sungai menjadi lebih mudah, cepat dan tidak terlalu menguras tenaga. Selain itu dengan alat tersebut juga mampu meningkatkan pendapatan warga dalam setiap harinya.

Untuk meningkatkan fungsi dan manfaat dari gerobak gempo karya pemuda desa Karangrejo ini, kedepannya sang pencetus ide Bersama pemerintah desa berencana mengembangkannya menjadi alat kerja pengangkut padi di sawah ataupun alat kerja lain yang akan didesain khusus sesuai kebutuhan dan peruntukannya.