Home Lifestyle Rintisan Wisata History Jejak Persembunyian Empu Sendok “Goa Nguncar” Kampak Trenggalek

Rintisan Wisata History Jejak Persembunyian Empu Sendok “Goa Nguncar” Kampak Trenggalek

1149
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Desa Karangrejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, yang menyimpan potensi kekayaan alam dan keindahan yang layak dikembangkan menjadi Kawasan wisata alam. Salah satunya yaitu adanya peninggalan bersejarah Goa nguncar di ujung hulu aliran sungai Nglaban Karangrejo.

Berkaca dari keindahan alam di Kawasan Goa Nguncar Dusun Nglaban Desa Karangrejo, dengan kondisi alam sekitar yang masih asri, ditambah adanya aliran sungai jernih yang mengalir langsung dari dalam goa. Membuat warga setempat Bersama Pemerintah Desa Karangrejo berinisiatif mengembangkan Kawasan ini menjadi rintisan kawasan wisata alam yang dipadukan dengan nilai bersejarah goa Nguncar.

Beberapa potensi wisata yang akan dikembangkan di Kawasan Goa Nguncar tersebut antara lain, wahana wisata ekstrim river tubing, disini nantinya pengunjung bisa menikmati sensasi menelusuri sungai dari ujung hulu hingga hilir sungai dengan cara menaiki ban mobil bekas yang sudah dimodifikasi khusus. Selain itu potensi wisata lainnya adalah wisata history goa Nguncar yang merupakan tempat perembunyian empu sendok untuk menggalang kekuatan saat akan melawan pasukan kerajaan sriwijaya.

Selain itu manfaat lain yang sudah lama dirasakan warga Desa Karangrejo dari aliran sumber air Goa Nguncar ini, warga bisa memanfatkan aliran air tersebut untuk memenuhi kebutuhannya sehari hari, Bertani, hingga berternak ikan air tawar.

Untuk mempercepat terwujudnya rintisan wisata alam yang dipadukan dengan wisata histori di Dusun Nguncar Dukuh Nglaban Desa Karangrejo ini, Warga bersama pemerintah Desa setempat rutin lakukan kerjabakti untuk membuka akses transportasi menuju goa nguncar. Dengan demikian diharapkan mulai tahun 2019 mendatang rintisan wisata history ini sudah bisa dibuka untuk umum.