Home NEWS KRIMINAL Diduga Korupsi Dana BOS & BSM MI Yapendawa, Pasangan Suami Istri Asal...

Diduga Korupsi Dana BOS & BSM MI Yapendawa, Pasangan Suami Istri Asal Pogalan Tercyduk

2951
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Diduga selewengkan dana Biaya operasional sekolah (BOS) dan bantuan siswa miskin (BSM), pasangan suami istri asal Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Tercyduk Polisi. Akibat kejadian tersebut menyebabkan kerugian negara hingga ratusan juta rupiah.

Kasus dugaan penyelewengan dana BOS dan BSM ini diektahui terjadi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yapendawa Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan. Sedangkan pelaku nya diduga kuat adalah Imam saean warga Desa Bendorejo kecamatan pogalan, yang merupakan kepala sekolah, dan Siti Mujiati yang merupakan istri pelaku dan menjabat sebagai bendahara sekolah. Kasus dugaan penyelewengan dana BOS ini diketahui sudah terjadi sejak tahun 2010 hingga tahun 2015 lalu, sedangkan penyelewengan dana BSM sudah dilakukan sejak tahun2009 hingga tahun 2015 lalu.

Kapolres Trenggalek AKBP.Didit Bambang Wibowo menerangkan, Modus pelaku saat menyelewengkn dana BOS dan BSM dengan cara membuat laporan dan SPJ fiktif dan memalsukan sejumlah tanda tangan murid yang menjadi penerima. Selain itu dana tersebut juga tidak digunakan sesuai juknis yang ada.

Lebih lanjut Kapolres juga menambahkan, Akibat penyelewengan dana Bos dan BSM ini menyebabkan kerugian negara sebesar lebih dari 240 Juta rupiah. Saat ini pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di mapolres Trenggalek guna proses hukum lebih lanjut. Akibat perbuatannya ini pelaku dijerat dengan pasal 2 Undang undang No 31 tahun 1999 tetang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman minial 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.