Home NEWS KRIMINAL Pasca OTT Dugaan Pungli Pegawai Puskesmas, Dinkes Trenggalek Justru Tanggapi Seperti Ini

Pasca OTT Dugaan Pungli Pegawai Puskesmas, Dinkes Trenggalek Justru Tanggapi Seperti Ini

259
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasca terjadi Operasi Tangkap Tangan (OTT) dugaan pungli dana jasa pelayanan (Jaspel) di Puskesmas Kecamatan Pule, Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek enggan berkomentar lebih dalam terkait hal tersebut, dan memilih menunggu perkembangan hasil penyelidikan pihak kepolisian.

Berdasarkan hhasil penyelidikan pihak Kepolisian, Diletahui bahwa dana jaspel pegawai Puskesmas Pule yang diduga dilakukan pungutan liar (Pungli) ini, merupakan dana kapitasi dari BPJS. Dana jaspel tersebut diterimakan kepada 65 pegawai BLUD Puskesmas Pule sebagai jasa pelayanan, namun dalam realisasinya dana tersebut justru dilakukan pemotongan sebesar 10 persen dari masing masing pegawai.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Sutikno menerangkan, bahwa pihaknya belum bisa berbuat banyak terkait hal ini, selain menunggu dan mengikuti proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian.

Sebelumnya diketahui bahwa, pada beberapa waktu lalu Tim Kepolisian Resort Trenggalek melakukan operasi tangkap tangan terhadap 7 pegawai Puskesmas Pule, yang bertugas mengumpulkan uang pungli dana jaspel dari 65 pegawai puskesmas setempat. Dari hasil OTT tersebut juga berhasil diamankan sejumlah barang bukti berupa uang tunai senilai 28.719.000 rupiah.