Home NEWS KRIMINAL Terungkap, Seperti Inilah Modus Dugaan Pungli Dana Jaspel Puskesmas Di Trenggalek

Terungkap, Seperti Inilah Modus Dugaan Pungli Dana Jaspel Puskesmas Di Trenggalek

2100
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Dugaan pungutan liar (Pungli) dana jasa pelayanan kesehatan (Jaspel) di lingkup Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas mulai terungkap. Dalam hal ini penerima dana jaspel diduga harus menyetorkan uang dengan nominal 10 % dari dana yang diterimanya.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan Tim Polres Trenggalek diketahui bahwa  dugaan pungli dana jaspel ini dilakukan secara periodik setiap tiga bulan sekali, dana kapitasi dari BPJS untuk pegawai Puskesmas sebagai jasa pelayanan tersebut dilakukan pemotongan sebesar 10 persen,  dengan nominal berbeda-beda berdasarkan golongan dan kepangkatan.

Menanggapi hal ini, Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo menerangkan, pada dugaan pungli ini ada beberapa oknum yang menamakan diri sebagai tim tekhnis dan bertugas mengkoordinir dan mengumpulkan dana. Tim tekhnis memberikan amplop kososng yang bertuliskan nominal dana yang harus dibayar kemudian amplop tersebut diisi uang sesuai nominal yang tertera, selanjutnya diserahkan kembali ke tim tekhnis.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan, anggaran pungli yang terkumpul tersebut selanjutnya digunakan untuk kepentingan pribadi maupun agenda lain yang tidak sesuai dengan peruntukan semestinya, dalam kasus ini,  polisi belum menetapkan tersangka karena masih dalam tahap pemeriksaan para saksi