Home NEWS MOMENT Krisis Air Bersih, Warga Pule Trenggalek Harus Membeli Air Untuk Penuhi Kebutuhannya

Krisis Air Bersih, Warga Pule Trenggalek Harus Membeli Air Untuk Penuhi Kebutuhannya

957
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Bencana kekeringan di Kabupaten Trenggalek ternyata terus meluas, hal ini terbukti dari terus bertambahnya daerah yang mengalami krisis air bersih. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, sejumlah warga dikecamatan pule bahkan harus membelinya dari luar daerah.

Seperti inilah kondisi bencana kekeringan yang melanda sejumlah warga di Desa Karanganyar Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, Sumber air yang ada di daerah ini kondisinya semakin mengecil dan sumur sumur warga juga sudah banyak yang mengering.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Desa Karanganyar, Muhasim menerangkan, bahwa kondisi kekeringan yang terjadi didaerahnya ini diketahui terjadi sekitar 5 bulan terakhir, Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, waga harus masuk hutan dengan jarak tempuh sekitar 1 KM. , sementara itu air yang ada disungai juga tidak bisa dikonsumsi karena kondisinya yang kotor dan debit airnya yang mulai mongering.

Sementara itu salah satu warga Desa Karanganyar, Malan menerangkan, Selain mangandalkan sumber air yang ada di dalam hutan, untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya, warga juga membeli air bersih dari Desa tetangga. 1 tangki air yang berisi  600 liter air biasanya dibeli dengan harga 80 ribu rupiah.

Sebelumnya diketahui bahwa, selain berdampak terhadap kebutuhan air bersih bagi warga, bencana kekeringan yang terjadi di Kecamatan Pule ini juga berdampak terhadap mengeringnya embung yang ada dilokasi tersebut, akibatnya sejumlah sawah petani kekurangan air dan teracam gagal tanam.