Home Culture Demi Berkah Tumpeng Agung Hari Jadi, Ribuan Warga Trenggalek Rela Berebut &...

Demi Berkah Tumpeng Agung Hari Jadi, Ribuan Warga Trenggalek Rela Berebut & Desak Desakan

175
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Demi mendapatkan bagian tumpeng agung perayaan hari jadi Kabupaten Trenggalek, ribuan warga mengantri dan memadati kawasan alun alun hingga pendopo manggala praja nugraha. Warga juga rela  berdesak desakan untuk bisa berebut dan mendaptkan bagian tumpeng yang dinilai bisa membawa berkah tersebut.

Seperti inilah kemeriahan warga saat berebut tumpeng agung pada prosesi ritual perayaan hari jadi Kabupaten Trenggalek, Usai dikirab dan dibacakan doa oleh pemuka agama, tumpeng setinggi dua meter yang dilengkapi dengan aneka sayur, lauk pauk dan ayam lodho langsung diserbu masyarakat. Tumpeng agung tersebut merupakan lambang dari kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Trenggalek, yang diangap oleh sabagian warga mampu memberikan berkah tersendiri bagi penikmatnya.

Salah satu pengunjung yang ikut berebut tumpeng, Suparmi menerangkan, meski harus mengantri sejak pagi dan berdesak desakan untuk bisa mendapatkan bagian tumpeng tersebut dirinya merasa senang, karena moment seperti ini hanya bisa ditemui setahun sekali, yaitu sewaktu perayaan hari jadi saja. Selian itu pada moment hari jadi ini dirinya erharap kabupaten Trenggalek bisa lebih maju dari tahun tahun sebelumnya

Sebelum diperebutkan warga, tumpeng agung hari jadi Kabupaten Trenggalek ini diarak keliling alun alun bersama dua pusaka dan panji panji kabupaten Trenggalek menuju pendopo. Setelah dilakukan bebebrapa prosesi ritual dan doa bersama di pendopo, akhirnya tumpeng agung ini diserahkan kepada warga untuk diperebutkan dan dinikmati bersama sama di halaman pendopo manggala praja nugraha Kabupaten Trenggalek.