Home Business Seperti Inilah Cara Mudah Belajar Budidaya Madu Klanceng Sendiri Secara Otodidak

Seperti Inilah Cara Mudah Belajar Budidaya Madu Klanceng Sendiri Secara Otodidak

870
SHARE

TRENGGALEK, biotv.id – Budidaya madu klanceng atau lebah kelulut (Trigona Bee) ternyata bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, pasalnya harga madunya saja bisa mencapai ratusan ribu rupiah per liternya, terlebih proses budidayanya dinilai cukup mudah, dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Ingin tahu seperti apa caranya, yuuk intip liputannhya berikut ini.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa peternak yang ada di Dusun Banyon Desa Widoro Kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Untuk membudidayaan lebah klanceng, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat kotak kotak kecil dari kayu yang akan digunakan sebagai sarang klanceng, kotak tersebut diberi lubang kecil dan pintu pembuka pada bagian atasnya. Selanjutnya kotak tersebut diberi klanceng untuk dibudidayakan.

Untuk mendukung peternakan lebah klanceng ini, peternak biasanya menyediakan getah pinus di dekat kandang.  hal ini dilakukan guna mempermudah lebah dalam mencari bahan untuk proses produksi. selain itu agar produksi madunya lebih banyak,  para peternak juga menanam bunga bunga di sekitar lokasi sarang budidaya madu klanceng.

Salah satu peternak klanceng di dusun Banyon, Sujarni menerangkan, membudidayakan lebah klanceng atau kelulut untuk diambil madunya, menurutnya lebih ringan dan mudah dibanding dengan budidaya  ternak hewan lain,  karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit,  terlebih hewan bersayap tersebut tidak membutuhkan penyediaan pakan sperti hewan ternak lainnya.

Beberapa peternak lebah klanceng yang belajar secara otodidak, pada awal menjalaninya mengaku sempat mengalami kesulitan,  terutama terkait cara pemisahan sarang untuk dikembangkan biakkan menjadi beberapa koloni. namun setelah seiring berjalannya waktu dan ketelitian dalam membudidayakannya, hal tersebut akan bisa dilakukan dengan mudah, hingga menghasilkan madu.