Home Business Belajar Otodidak, Warga Banyon Trenggalek Sukses Budidaya Lebah Madu Klanceng

Belajar Otodidak, Warga Banyon Trenggalek Sukses Budidaya Lebah Madu Klanceng

816
SHARE

TRENGGALEK, biotv.id – Belajar budidaya klanceng atau lebah kelulut (Trigona Bee) secara otodidak, sejumlah warga di Dusun Banyon Desa Widoro Kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek, berhasil kembang biakkan lebah klanceng untuk diambil madunya. Ingin tahu seperti apa prosesnya, yuuk intip liputannya berikut ini.

Seperti inilah cara warga di Dusun banyon budidayakan lebah klanceng, ratusan kotak kayu berukuran kecil tampak berjajar rapi di sekitar rumah. kotak kotak kecil ini merupakan sarang lebah kelulut atau klanceng berkembang biak dan menghasilkan madu.

Salah satu peternak klanceng, Sujarni menerangkan, proses budidaya klanceng tersebut mulai dikembangkan oleh warga di dusun banyon sejak enam bulan terakhir. saat ini terdapat sekitar lima warga yang beternak. satu peternak ada yang memiliki hingga lebih dari seratus sarang,  namun ada ada juga yang masih puluhan.

Sementara itu peternak lainnya, Suyoto juga menerangkan, untuk proses pemasaran madu klanceng yang dihasilkannya, sampai saat ini dirinya hanya mengandalkan pesanan konsumen yang mengetahuinya dari mulut ke mulut. biasanya madu tersebut baru diunduh apabila ada pemesan yang datang langsung ke rumahnya.

Dari hasil budidaya madu klaceng yang dilakukan warga selama setengah tahun terakhir,  satu peternakan rata-rata mampu menghasilkan madu hingga 2 liter madu murni dalam setiap bulannya. Madu murni tersebut biasanya dijual dengan harga sekitar 600 Ribu Per Liternya.