Home NEWS EKSEKUTIF Dewan Bakal Seleksi 2 Kandidat Untuk Gantikan Posisi Wakil Bupati Trenggalek

Dewan Bakal Seleksi 2 Kandidat Untuk Gantikan Posisi Wakil Bupati Trenggalek

960
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek bakal seleksi 2 kandidat calon wakil bupati Trenggalek, untuk menggantikan Posisi Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin).  Dua Kandidat tersebut merupakan calon yang diusulkan oleh partai pengusung pada pilkada Trenggalek tahun 2015 lalu.

Seiring terpilihnya Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak menjadi wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Khiofifah indar parawansa pada Pilkada Jatim tahun 2018 dan akan dilantik pada tahun 2019 mendatang. Kekosongan kursi Bupati Trenggalek otomatis akan digantikan oleh wakil bupati Mochamad Nur Arifin, sedangkan kursi wakil bupati akan diisi atas persetujuan wakil rakyat.

Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, Samsul Anam mengatakan, Berdasarkan UU NO.23 tahun 2014,  Apabila Bupati berhalangan tetap selama lebih dari 18 bulan maka posisinya akan digantikan oleh wakilnya. Sedangkan kekosongan kursi wakil bupati selanjutnya akan diisi oleh kandidat yang diusulkan partai pengusung kemudian dipilih salah satu oleh DPRD.

Mengacu pada peraturan yang berlaku, pada proses pengisian kursi wakil bupati Trenggalek mendatang, partai pengusung hanya diberikan kesempatan mengajukan 2 kandidat untuk menjadi wakil bupati, meskipun  partai pengusungnya lebih dari satu partai maka  tidak akan menambah jumlah kandidat yang akan disusulkan ke DPRD Kabupaten Trenggalek.