Home NEWS MOMENT Ratusan Koperasi Di Trenggalek Terancam Dibubarkan Pemerintah

Ratusan Koperasi Di Trenggalek Terancam Dibubarkan Pemerintah

651
SHARE

TRENGGALEK, bioztv.id – Ratusan unit koperasi di Kabupaten Trenggalek terancam dicabut ijinnya dan dibubarkan,  pasalnya, koperasi tersebut kondisinya saat ini sudah kolaps dan tidak lagi beroprasi sebagaimana mestinya. Beberapa diantaranya juga sudah banyak yang kehilangan anggota dan vakum dari kegiatan perkoprasiannya.

Sedikitnya ada sekitar 212 Koperasi di Kabupaten Trenggalek yang kondisinya sudah kolaps dan tidak mungkin untuk diselamatkan lagi, ratusan Koperasi tersebut mayoritas merupakan koperasi bentukan dari Program Pemerintah sejak beberapa  puluh tahun lalu. . Tumbangnya ratusan koperasi tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai persoalan termasuk terhentinya aktivitas utama koperasi.

Menanggapi hal ini Sekretaris Diskomindag Trenggalek, Sahar Musyafak menerangkan, Koperasi bentukan program pemerintah yang saat ini sudah kolaps adalah Koperasi Unit Desa (KUD), Salah satu penyebab tumbangnya KUD tersebut diakibatkan oleh perubahan kebijakan setelah era reformasi. Mengingat kondisinya sudah kolaps, pemerintah daerah juga sudah mengusulkan ke instansi terkait, agar dilakukan pencabutan izin dan dibubarkan.

Sementara itu Wakil Bupati Trenggalek,  Mochammad Nur Arifin juga menjelaskan, jika dikelola dengan baik pihaknya mengaku optimis lembaga perkoperasian di Trenggalek bisa tumbuh dengan baik pula,  terlebih saat ini telah dikeluarkan peraturan daerah (perda) yang mewajibkan seluruh waralaba modern di Trenggalek berada di bawah lembaga koperasi.

Perlu diketahui bahwa, berdasarkan data yang ada di dinas terkait, sedikitnya ada sekitar 700 lembaga koperasi di Kabupaten Trenggalek,  sedangkan yang kondisinya saat ini masih sehat maupun bisa diselamatkan ada sekitar  400-an lembaga, sedangkan yang 212 lembaga sudah kolaps dan terancam dibubarkan.